Profil Dan Biodata Buya Syafi'i Ma'arif, Ulama Yang Menjunjung Tinggi Nilai Toleransi

Profil Dan Biodata Buya Syafi'i Ma'arif, Ulama Yang Menjunjung Tinggi Nilai Toleransi - Salah satu tokoh Islam di Indonesia yang cukup berpengaruh baik dalam bidang sosial kemasyarakatan, maupun dalam berbagai pandangan dalam keagamaan adalah Syafi'i Maarif. Beliau sering disapa dengan Buya Ma'arif karena penghormatan terhadap keilmuan dan berbagai pandangannya terhadap agama yang sangat menyejukkan. Tokoh Islam ini dalam menjalankan dakwahnya lebih berfokus kepada dunia pendidikan, kampus dan lembaga-lembaga yang terhubung langsung dengan pendidikan. Hal ini nampaknya tidak jauh dari perjalanan karir beliau yang aktif sebagai guru dan juga dosen. Tidak seperti profil dan biodata Habib Rizieq yang cenderung lebih keras dalam berragama, Buya Syafi'i lebih lembut dan toleran seperti almarhum Gus Dur.

Profil Dan Biodata Buya Syafi'i Ma'arif
Profil Dan Biodata Buya Syafi'i Ma'arif
Dalam menapaki karir dan berdakwah, Buya Syafi'i tentu memiliki jalan panjang yang sangat menginspirasi bagi semua orang, terlebih untuk umat Islam. Lalu bagaimana sebenarnya sepak terjang beliau, dan bagaimana pula profil dan biodata Buya Syafi'i Ma'arif selengkapnya. Untuk mengerti lebih jauh tentang profil dan biodata Buya Syafi'i Ma'arif, simak ulasan mengenai biodata lengkap beliau di bawah ini.

Profil Dan Biodata Buya Syafi'i Ma'arif


Bisa dikatakan bahwa perjalanan pendidikan Buya Syafi'i tidak begitu mengenakkan, dan bahkan kesulitan. Ketika beliau akan memasuki SMA Muhammadiyah di Jogja, beliau sempat ditolak karena dianggap dari sekolah yang kurang bermutu yaitu dari SMP di desa Lintau Sumatera Barat. Namun beliau tidak berkecil hati, keinginan sekolah yang cukup tinggi kemudian membawa beliau mendaftarkan diri di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Dan di sinilah profil dan biodata Buya Syafi'i Ma'arif mulai menunjukkan kecemerlangannya dengan selalu mendapatkan nilai tinggi di sekolahnya.

Setelah lulus dari SMA, beliau kemudian mendaftar di IAIN Sunan Ampel Surabaya, namun kemudian masuk ke Universitas Islam HOS Cokroaminoto Surakarta yang kemudian pada akhirnya pindah ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan jurusan sejarah di IKIP Yogyakarta. Jadwal belajar di IKIP, lebih bisa diatur dan disesuaikan waktunya, meski profil dan biodata Buya Syafi'i Ma'arif kala itu lulus kuliah berusia 29 tahun. Setelah lulus dari IKIP, Buya Syafi'i kemudian meneruskan dan mengambil S2 di S2 di Illinois, Amerika.

Namun karena anak laki-lakinya meninggal dunia, Buya Syafi'i kemudian memutuskan untuk pulang ke Indonesia dan meninggalkan kuliahnya. Di Indonesia, Buya Syafi'i sempat mengajar beberapa tahun sebelum kemudian kembali ke Amerika dan kuliah kembali dan mengambil Jurusan Sejarah di  Ohio University, Athens, Ohio. Kemudian beliau mengambil S 3 di Universitas Chicago Amerika dan mengambil Pemikiran Islam di sana. Dari situlah profil dan biodata Buya Syafi'i Ma'arif mengaku mulai terbuka pemikirannya karena belajar di bawah bimbingan seorang pembaharu Islam dari Mesir yang bernama Fazlur Rahman. Salah satu yang paling dipegang oleh profil dan biodata Buya Syafi'i Ma'arif di dalam Al Quran adalah bahwasannya tidak adanya paksaan di dalam beragama.

Artikel lain : Profil Dan Biodata Ustadz Bachtiar Nasir

Meski sejak dari kecil Buya Syafi'i sudah mengenal dekat dengan Muhammadiyah, namun beliau baru benar-benar menjadi pengurus Muhammadiyah adalah ketika beliau pulang dari Chicago. Mulai pada tahun 1985, beliau bergabung dengan Muhammadiyah dengan masuk pada Majelis Tabliq Muhammadiyah, yang kemudian pada tahun 1998 beliau kemudian menjadi ketua umum PP Muhammadiyah. Untuk saat ini, tempat tinggal beliau adalah di Perum Nogotirto Elok II, Jalan Halmahera, Blok D/76, Gamping, Sleman, Yogyakarta

Biodata Buya Syafi'i Ma'arif

  • Nama : Ahmad Syafi'i Ma'arif
  • Lahir : Sumpurkudus, Sumatera Barat, 31 Mei 1935
  • Agama : Islam
  • Isteri : Hajjah Nurkholifah


Pendidikan Buya Syafi'i Ma'arif

* SR Negeri Sumpurkudus (1947)
* Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sumpurkudus
* Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Lintau
* Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta (1956)
* Fakultas Sejarah dan Kebudayaan Universitas Cokroaminoto Surakarta (BA; 1964)
* Jurusan Sejarah, IKIP Yogyakarta (S1, 1968)
* Jurusan Sejarah, Ohio University, Athens, Ohio, AS, (MA, 1980)
* Pemikiran Islam, Universitas Chicago, Amerika Serikat, (Ph.D, 1983)

Karir Buya Syafi'i Ma'arif

* Guru Bahasa Inggris dan Indonesia SMP di Baturetno, Surakarta (1959-1963)
* Guru Bahasa Inggris dan Indonesia SMA Islam Surakarta (1963-1964)
* Dosen Sejarah dan Kebudayaan Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (1964-1969)
* Dosen IKIP Yogyakarta (1967-1969)
* Asisten dosen paruh waktu Sejarah dan Kebudayaan Islam di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta (1969-1972)
* Asisten Dosen Sejarah Asia Tenggara IKIP Yogyakarta (1969-1972)
* Dosen paruh waktu Sejarah Asia Barat Daya IKIP Yogyakarta (1973-1976)
* Dosen senior Filsafat Sejarah IKIP Yogyakarta (1983-1990)
* Profesor tamu di University of Iowa, AS (1986)
* Dosen senior (paruh waktu) Sejarah dan Kebudayaan Islam IAIN Kalijaga, Yogyakarta (1983-1990)
* Dosen senior (paruh waktu) di UII Yogyakarta (1984-1990)
* Dosen senior (paruh waktu) Sejarah Ideologi Politik Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta (1987-1990)
* Dosen senior (pensyarah kanan) di Universitas Kebangsaan Malaysia (1990-1994)
* Dosen senior Filsafat Sejarah IKIP Yogyakarta (1992-1993)
* Profesor tamu di McGill University, Kanada (1992-1994)
* Profesor Filsafat Sejarah IKIP Yogyakarta (1996)
* Wakil Ketua PP Muhammadiyah (1995-1998)
* Ketua PP Muhammadiyah (1998)

Kegiatan Buya Syafi'i Ma'arif Yang Lain

* Pengurus Masyarakat Sejarawan Indonesia
* Pemimpin Redaksi majalah Suara Muhammadiyah Yogyakarta (1988-1990)
* Anggota Staf Ahli jurnal Ummul Qur'an (1988)

Baca juga : Profil dan Biodata Habib Syech

Nah teman-teman, itulah sedikit informasi terkait profil dan biodata Buya Syafi'i Ma'arif yang bisa kami sampaikan kepada Anda semuanya. Smeoga informasi mengenai biodata Buya Syafi'i Ma'arif di atas bisa menambah info dan wawasan kita semua. Jika saja ada beberapa informasi mengenai profil dan biodata Buya Syafi'i Ma'arif yang kurang tepat atau salah, kami mohon para pembaca bersedia memberikan koreksi melalui kotak komentar yang ada di bawah.

Tidak ada komentar untuk "Profil Dan Biodata Buya Syafi'i Ma'arif, Ulama Yang Menjunjung Tinggi Nilai Toleransi"