Doa Sholat Hajat Lengkap Dengan Niat dan Tata Caranya


Doa Sholat Hajat Lengkap Dengan Niat dan Tata Caranya - Assalamualaikum, jumpa kembali saudaraku. Setelah beberapa waktu yang lalu kami sampaikan mengenai penjelasan tentang doa sebelum tidur dan doa bangun tidur, saat ini akan kami sampaikan mengenai doa sholat hajat. Namun demikian, sebelum masuk pada penjelasan mengenai doa sholat hajat, akan kami sampaikan terlebih dahulu tata cara sholat hajat dan juga niat sholat hajat.

Doa Sholat Hajat Lengkap
Doa Sholat Hajat Lengkap
Sholat hajat sendiri adalah salah satu sholat sunnah yang dikerjakan bagi umat muslim yang sedang memiliki hajat dalam hidupnya. Meskipun ini hanya bersifat sunnah, namun sangat disarankan bagi umat muslim untuk mengerjakannya. Apalagi ketika kita sedang memiliki hajat besar seperti misalnya akan melangsungkan pernikaha, menjalani ujian sekolah dan hajat yang lainnya.

Tujuan dari sholat hajat ini sendiri tentunya adalah untuk meminta kepada Allah SWT agar hajat yang kita niatkan bisa berjalan dengan lancar. Melalui sholat hajat ini kita dianjurkan untuk berdoa dan meminta kelancaran pada Allah SWT.

Tata Cara Sholat Hajat

Secara umum, tata cara sholat hajat sama dengan sholat sunnah yang lainnya. Diawali dengan niat sholat hajat kemudian dilanjutkan seperti pada sholat sunnah lainnya. Sholat hajat ini dilakukan minimal dua rekaat dan maksimal dua belas rekaat. Sedangkan surat pendek yang dibaca pada sholat hajat adalah surat apapun bisa dibaca pada sholat sunnah ini.

Namun demikian, ada beberapa ulama yang berpendapatt bahwa untuk sholat hajat, surat pendek yang dibaca adalah pada rekaat pertama surat Al Kafirun dan pada rekaat ke dua adalah surat Al Ikhlas. Di bawah ini adalah urut-urutan tata cara sholat hajat.

1. Niat sholat hajat
2. Takbiratul ihram
3. Berdiri bagi yang mampu
4.Pada raka’at yang pertama, membaca surat Al-Fatihah setelah itu kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al-Kafirun sebanyak 10 kali. Pada rakaat kedua membaca surat Al-Fatihah dan diteruskan dengan membaca surat Al-Ikhlash sebanyak 10 kali
5. Ruku’
6. ‘Itidal
7. Sujud dua kali
8. Duduk diantara dua sujud
9. Tuma’ninah (tenang sejenak) dalam ruku’, sujud, duduk diantara dua sujud dan i’tidal
10. Tasyahud akhir
11. Membaca sholawat kepada Nabi
12. Duduk karena melakukan tasyahud akhir dan sholawat salam
13. Salam yang pertama
14. Tertib

Niat Sholat Hajat

Dalam kaidah fiqhiah, apapun amal yang dilakukan harus diawali dengan niat. Jika tidak diawali dengan niat maka amalan tersebut akan tertolak. Nah, maka dari itu, sholat hajat pun juga demikian. Dalam melaksanakan sholat hajat harus diawali juga dengan niat sholat hajat.

Niat sendiri pada dasarnya letaknya adalah di hati. Namun ada juga beberapa ulama yang memiliki pendapat bahwa niat sunnah untuk dibacakan secara jahr atau jelas dengan lisan. Untuk niat sholat hajat, lafadznya seperti di bawah ini.

Niat Sholat Hajat
Niat Sholat Hajat


USHOLLI SUNNATAL HAAJATI RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALA

Artinya : Aku (niat) sholat sunat hajat 2 rakaat karena Allah ta’ala

Waktu Sholat Hajat

Untuk waktu dalam mengerjakan sholat hajat, sebenarnya tidak ada waktu khusus. Artinya adalah kita bisa melakukan sholat hajat kapanpun, baik siang maupun malam. Namun demikian, waktu sholat hajat yang utama adalah di spertiga malam terakhir. Karena secara umum, waktu tersebut adalah waktu yang utama dalam mengerjakan sholat sunnah ataupun ama lainnya.

Keutamaan waktu tersebut sudah sering disebutkan di dalam Al Quran maupun Sunnah. Sebaliknya, sholat hajat tidak boleh dilaksanakan di waktu-waktu yang dilarang melaksanakan sholat sunnah seperti sehabis sholat shubuh sampai terbit matahari, setelah sholat ashar dan lain-lain.

Doa Sholat Hajat

Setelah selesai melaksanakan sholat hajat, jangan beranjak dulu lakukan beberapa anjuran seperti membaca istghfar sebanyak 100x kemudian membaca sholawat nabi 100x. Selain itu kemudian juga dianjurkan membaca tasbih 100x dan bacaan tahlil 100x. 

Doa Sholat Hajat
Doa Sholat Hajat

Tidak ada komentar untuk "Doa Sholat Hajat Lengkap Dengan Niat dan Tata Caranya"