Profil, Biodata dan Biografi Ustadz Dr. Khalid Basalamah MA

Profil, Biodata dan Biografi Ustadz Dr. Khalid Basalamah MA - Bagi Anda yang doyan bermain dengan internet pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya  You Tube. You tube merupakan salah satu diantara beberapa aplikasi media sosial yang bisa di buat untuk up load dan juga download video secara Cuma-Cuma. Salah satu diantara sekian banyak Ustadz di Indonesia yang mengerti betapa dahsyatnya kekuatan media sosial tersebut adalah Ustadz DR Khalid Basalamah MA. Ketika Anda mengetikkan kata Ustadz maka akan muncul Ustadz Dr Khalid Basalamah MA. Beliau merupakan salah satu Ustadz yang sangat getol menggunggah beberapa dakwah nya di media sosial tersebut. 

Biografi Ustadz Dr. Khalid Basalamah
Biografi Ustadz Dr. Khalid Basalamah

Profil dan Biodata Ustadz Khalid Basalamah


Hal tersebut merupakan salah satu cara Ustadz Khalid Basalamah untuk menyebarkan agama Islam dengan cara yang sangat sederhana namun bisa menyasar ke seluruh dunia dan bisa sangat-sangat memudahkan semua jamaah untuk bisa menyaksikan apa yang beliau dakwahkan.

Dari data yang pernah penulis lihat di You Tube Profil dan Biodata Ustadz Khalid Basalamah ini memiliki subscriber sebanyak 530 ribu pelanggan. Angka ini merupakan salah satu pelanggan yang paling banyak diantara ustadz-ustadz yang ada. selain dengan pelanggan yang lumayan banyak tersebut, dalam setiap video yang beliau upload hampir rata-rata telah dilihat oleh orang sebanyak lima puluh ribu lebih. 

Mungkin dalam benak Anda merasa penasaran dengan Profil dan Biodata Ustadz Khalid Basalamah. Siapa sih sebenarnya Profil dan Biodata Ustadz Khalid Basalamah ini. Yuk langsung saja kita intip Profil dan Biodata Ustadz Khalid Basalamah.

Baca juga :

Biografi DR. Khalid Basalamah MA

Nama lengkap beliau adalah Khalid Zeed Abdullah Basalamah, beliau lahir di Makassar tanggal 01 Mei 1975. Sosok Profil dan Biodata Ustadz Khalid Basalamah ini juga sangat rajin dan rutin menyebarkan agama Islam di Indonesia. Beliau juga dibilang merupakan salah satu diantara sekian banyak Ustadz yang menyelesaikan studinya di Universitas Madinah untuk S-1 nya. Namun untuk gelar Magister nya beliau hanya di Indonesia di Universitas Muslim Indonesia. Sedangkan gelar doktornya beliau merupakan salah satu lulusan di Universitas Tun Abdul Razaq Malaysia. 

Profil dan Biodata Ustadz Khalid Basalamah bisa dikatakan salah satu ustadz di Indonesia yang senantiasa menyebarkan syiar Islam yang sangat rajin. Banyak sekali kajian beliau yang bisa kita temukan di berbagai media sosial, terutama di You Tube.

Aktivitas DR. Khalid Basalamah MA Selain Mengaji

Selain sibuk dengan urusan dakwah Profil dan Biodata Ustadz Khalid Basalamah juga merupakan salah satu Ustadz yang bisa dibilang sangat mandiri dalam hal perekonomian. Beliau bisa dibilang salah satu Ustadz yang juga memiliki beberapa cabang usaha yang bisa memakmurkan orang banyak. Diantara beberapa usaha beliau adalah seperti di bawah ini.

Restoran DR. Khalid Basalamah

Sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan makanan dan juga minuman yang halal dan juga bercita rasa tinggi maka DR. Khalid Basalamah MA mempunyai sebuah restoran yang ia beri nama “ Ajwad Resto “ di resto ini Anda bisa menikmati beberapa masakan dan juga minuman yang bernuansa Timur Tengah dengan berbagai bumbu rempah-rempah yang berkualitas dan juga diramu oleh chef-chef handal. Resto ini merupakan salah satu cara beliau untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia dan juga bisa dibilang salah satu cara beliau mengenalkan makanan Timur Tengah kepada masyarakat Indonesia. Alamat Resto ini ada di Jalan Kalibata Raya No 1 Kalibata City Square blok E no 11 Jakarta, Indonesia. 

Aqidah Dan Juga Pemahaman Beliau Tentang Islam

Dari beberapa cuplikan dakwah yang pernah Profil dan Biodata Ustadz Khalid Basalamah sampaikan baim di You Tube maupun secara langsung maka kita akan melihat bagaimana sebenarnya aqidah beliau. Beliau merupakan salah satu ustadz yang sangat berpegang teguh dengan ajaran yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW yang disebarkan oleh Sahabat, Tabiiin dan juga para Imam empat. 

Terkait dengan pemahaman Ustadz Khalid Basalamah tentang Islam, banyak yang menyebut beliau adalah seorang Wahabi. Namun sebenarnya bagaimana, kita tidak bisa memastikan karena hanya beliau dan Allah yang mengetahui. Semoga saja kita semua terhindar dari berbuat dosa dan berprasangka buruk, amiin.

Beberapa Kitab Yang Dikaji Ustadz Khalid Basalamah

Dakwah dalam menyebarkan agama Islam kepada seluruh masyarakat Indonesia merupakan salah satu hal yang paling beliau gemari dan juga merupakan salah satu rutinitas harian dan juga bulanan beliau. Salah satu metode dakwah ( ceramah ) yang beliau sampaikan adalah dengan mengupas beberapa kitab yang mengandung beberapa dalil shahih dan juga bisa dipertanggung jawabkan sanad nya. Diantara beberapa kitab yang telah beliau sampaikan kepada setiap jamaah yang hadir dalam setiap majelis beliau adalah :

Kitab Bulughul Marom

Kitab ini merupakan salah satu diantara sekian banyak kitab yang sudah teruji kadar kesahihannya. Kitab ini merupakan kumpulan hadits tematik yang menjadi sumber rujukan pengambilan dalil bagi permasalahan fiqih yang ada di Nusantara. 

Kitab Minhajul Muslim

Kitab yang satu ini merupakan karya ringkas yang ditulis oleh beberapa ulama yang ada di Madinah dan juga Makkah. Kitab ini menceritakan segala macam hal yang berkaitan dengan pemahaman Islam secara Kaffah dan juga menyeluruh dengan bersandar pada Al quran sebagai sumber utama dan juga mengambil hadits sebagai sumber kedua.

Sanad Keilmuan Ustadz Khalid Basalamah MA

Sanad keilmuan yang dimiliki oleh Ustadz yang satu ini bisa dibilang sangat bagus dan juga bersambung dengan Rasulullah, karena beliau belajar dari ulama Kontemporer kemudian Ulama Salaf, Sahabat dan juga langsung kepada Rasulullah. 

Selain dengan sanad yang sangat bersambung kepada Rasulullah SAW beliau juga mendalami ilmu agama di pusatnya sendiri yaitu di Madinah dan juga Makkah sehingga beliau bisa faham dan juga mengerti langsung dari beberapa ulama yang langsung ada di sana. Selain itu di Makah dan juga Madinah setiap orang yang belajar langsung bisa memahami fikih secara total karena fikih empat madzhab juga diajarkan di sana. 

Kemiripan Dengan Ustadz Reza Basalamah

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa Ustadz Reza Basalamah dan juga Khalid Basalamah merupakan salah satu Ustadz yang mempunyai hubungan saudara. Pernyataan seperti itu sebenarnya salah karena pada dasarnya Ustadz Reza dan Ustadz Khalid bukanlah saudara. Namun gelar basalamah yang ada di akhir nama beliau diambil dari nama marga yang sama. Marga Basalamah merupakan salah satu nama marga yang diambil dari Arab Hadramaut yang merujuk pada nama keluarga keturunan bangsa Arab. Yang berasal dari Hadramaut Yaman. Letaknya berada di Jazirah Arab bagian selatan. Penamaan marga dipilih berdasarkan kabilah, tempat, asal, sejarah dan juga kebiasaan serta sifat nenek moyang tersebut. 

Biografi tokoh Islam lainnya :
Demikian sekilas tentang Profil dan Biodata Ustadz Khalid Basalamah. Semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan juga keistiqomahan dalam setiap menjalankan misi dakwah menyebarkan agama Islam di seluruh penjuru Nusantara.

12 komentar untuk "Profil, Biodata dan Biografi Ustadz Dr. Khalid Basalamah MA"

  1. Khalid Basalamah ternyata wahabi kerana dia mengkafirkan ibu bapa Saidina Rasul saw... tidak ada adabnya terhadap Rasul saw.

    BalasHapus
  2. hati-hati dengan ustadz ini.... perdalam aqidah anda agar tau benar atau tidak aqidah yang dianutnya.

    BalasHapus
  3. lu goblok semua, ibu bapak Rasulullah jelas masuk neraka krna mereka benar-benar kafir

    BalasHapus
    Balasan
    1. astagfirullahaladzim. Lu mesti taubat jangan sembarang Lo mengkafir2kan org. Emang Lo menyaksikan nya. Klo bnr ada di surat apa & ayat berapa ?

      Hapus
  4. Jika Belum Paham Tentang seseorang sebaiknya ketemui beliau dan tanyakan langsung. jangan di bikin ribut dan menjadi dosa. semoga Allah SWT memberi hidayah kepada orang-orang yang salah. Aamiin Ya Robbal alamin. Saya salah satu orang yang bisa berubah makin cinta kepada Allah dan Rasulullah karena sering mendengar ceramah Ustad khalid Basalamah lewat youtube. Alhamdulillah mungkin Allah berikan hidayah kepada saya lewat mendengarkan ceramah ilmu dari ustad Khalid basalamah.

    BalasHapus
  5. saya senang lihat videonya tentang risalah para nabi

    BalasHapus
  6. jazakumullah khairan biodatanya, Ustadz fav

    BalasHapus
  7. Saya sangat terbantu tentang ilmu keislaman Ustadz Khalid basalamah....Terima kasih Ustadz.
    Ketika kita belum tau seseorang maka jangan menghakimi orang....karena mgkn yg kita hakimi jelek sebenarnya jauh lebih baik dari kita sendiri.

    BalasHapus
  8. yg koment negatif tentang ustad khalid,.. adalah org yg pendek akal,.. kurang ilmu,.. tidak tau dasar agama,.. gak tau dalil,..

    BalasHapus

Posting Komentar