Profil, Biodata Dan Biografi Lengkap KH. Ma'ruf Amin

Profil, Biodata Dan Biografi Lengkap KH. Ma'ruf Amin - Satu nama ulama Indonesia ini tentu sudah akrab bagi kita sebagai masyarakat muslim Indonesia. Ya, beliau adalah salah seorang ulama yang kerap menjadi rujukan dan referensi terkait berbagai masalah agama yang sedang in. Beliau adalah KH. Ma'ruf Amin. Bagi muslim Indonesia, nama KH. Ma'ruf Amin tentu bukan nama yang asing lagi. Hal ini karena memang beliau adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia yang tentunya sering memberikan fatwa terkait hukum fikih Islam kepada berbagai masalah yang sedang menjadi bahasan masyarakat pada umumnya.

Biodata Dan Biografi Lengkap KH. Ma'ruf Amin
Biodata Dan Biografi Lengkap KH. Ma'ruf Amin
Nama dan profil KH. Ma'ruf Amin mungkin sudah populer bagi kita, namun tetap saja masih banyak saudara kita yang belum begitu memahami dengan baik biodata KH. Ma'ruf Amin. Wajar memang, karena profil KH. Ma'ruf Amin tidak seperti ustadz-ustadz muda sekarang yang sering muncul dan mengisi acara televisi. KH. Ma'ruf Amin lebih kepada melakukan bahasan-bahasan fiqhiyah daripada mengisi tausiah di televisi. Meski seskali KH. Ma'ruf Amin juga masih mengisi acara di televisi dan memberikan tausiah serta menjadi dai.

Profil dan Biodata KH. Ma'ruf Amin


Profil KH. Ma'ruf Amin adalah seorang ulama besar yang sudah sepuh. Beliau dilahirkan di Tangerang Banten, pada tanggal 11 Maret 1943. Selain menjadi Ulama dan Kyai, ternyata KH. Ma'ruf Amin juga aktif sebagai seorang politisi. Profil KH. Ma'ruf Amin sebagai seorang politisi juga memiliki karir yang cukup panjang. Beliau pernah menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak  2007 hingga 2010.

Selain itu, KH. Ma'ruf Amin juga pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi Golongan Islam DPRD DKI Jakarta, anggota MPR-RI dari PKB, ketua komisi VI DPR-RI. Bukan saja aktif di dunia politik praktis, di dalam organisasi masyarakat keagamaan pun profil KH. Ma'ruf Amin pun juga aktif, bahkan saat ini beliau tengah mengemban amanat dan jabatan yang cukup strategis di NU. Di organisasi keagamaan terbesar di dunia tersebut, KH. Ma'ruf Amin mengemban amanat sebagai Rais Amm PBNU 2015 – 2020.

Baca juga :
Biodata dan profil KH. Ma'ruf Amin di Indonesia termasuk salah satu ulama sepuh yang disegani. Beliau banyak menguasai ilmu Agama Islam dan merupakan Ulama yang multitalenta disamping berbagai macam ilmu fiqih. KH. Ma'ruf Amin juga bisa dibilang merupakan Ulama yang responsif terkait berbagai masalah yang sedang dihadapi ummat. Profil KH. Ma'ruf Amin ini juga termasuk ulama yang sering membacakan fatwa MUI karena memang beliau sudah cukup lama berada di dalam jajaran pengurus Komisi Fatwa MUI Pusat dari mulai tahun 2000 sampai tahun 2007.

KH. Ma'ruf Amin selain aktif di dalam berbagai kegiatan keagamaan, beliau juga aktif di dunia perbankan nasional. Profil KH. Ma'ruf Amin ikut terlibat di dalam berbagai dewan pengawas syariah di berbagai bank dan asuransi syariah. Kesibukan beliau sebagai pengawas di berbagai bank seperti diantaranya di Bank Muammalat, Bank BNI Syariah, dan Bank Mega Syariah. KH. Ma'ruf Amin ini jika dilihat dari garis keturunan keluarganya, memang beliau termasuk salah satu keturunan, atau tepatnya adalah cicit dari ulama besar Syaikh Nawawi Banten. Syaikh Nawawi Banten ini adalah ulama asli Indonesia yang begitu disegani kelimuannya di dunia internasional, terutama di Mekkah.

Syaikh Nawawi Banten juga merupakan Imam di Masjidil Haram, dan bahkan beliau memiliki julukan "Imam Nawawi Atstsani" merujuk kepada ahli hadits Imam Nawawi. Kembali kepada profil KH. Ma'ruf Amin, KH. Ma'ruf Amin ini nyantrinya di Tebuireng Jombang dan melanjutkan kuliah di Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Beliau juga mendapatkan gelar Dokotor HC dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2012 di bidang Hukum Ekonomi Syariah.

Tokoh Islam lain :

Riwayat Pendidikan KH Ma’ruf Amin

1. Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang

2. Universitas Ibnu Khaldun Bogor

Karir KH. Ma'ruf Amin
  • Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hubungan Antar Agama (2010 – 2014)
  • Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Kehidupan Beragama (2007-2009)
  • Anggota Koordinator Da’wah (KODI) DKI Jakarta
  • Anggota BAZIS DKI Jakarta
  • Ketua Fraksi Golongan Islam DPRD DKI Jakarta
  • Ketua Fraksi PPP DPRD DKI Jakarta
  • Pimpinan Komisi A DPRD DKI Jakarta
  • Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (pertama)
  • Anggota MPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  • Ketua Komisi VI DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  • Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat
  • Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
  • Penasehat Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM-PBNU)
  • Dosen STAI Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta
  • Rais ‘Aam PBNU 2015-2020.
  • Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI 2015
Itulah teman-teman sedikit informasi terkait profil dan biodata lengkap KH. Ma’ruf Amin yang bisa kami sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa menjadi manfaat untuk kita semua, amiin.

5 komentar untuk "Profil, Biodata Dan Biografi Lengkap KH. Ma'ruf Amin"

  1. allohumma sholli ala sayyidina Muhammad wa alihi wa shohbihi wasallam

    BalasHapus
  2. kayak begini kok disebut lengkap ...
    mestinya cantumkan misalnya K.H. Ma'ruf Amin bin ... bin ...
    bahkan kalau perlu tampilkan bukti silsilahnya....

    BalasHapus
  3. yah belum lengkap deh mana foto istri keduanya itu?

    BalasHapus
  4. Harapanku kepada kH Ma Ruf Amin cuma satu ,semoga AlloH meridhoi yaitu ' memisahkan penyedap MSG dengan garam
    .selangkangan kepada pak Jokowi juga satu yaitu meratakan tonjolan jalan komplek pemukiman..semoga di restui

    BalasHapus

Posting Komentar