Profil Dan Biodata Ustadz Abdul Somad, Lc. MA Lengkap

Profil Dan Biodata Ustadz Abdul Somad, Lc. MA Lengkap - Beberapa tahun terakhir, nama ustadz ini sering menjadi perbincangan para netizen dan pegiat media sosial tanah air. Kajian-kajiannya tajam dan menarik sehingga membuat banyak orang suka dengan tausiahnya. Bahkan pengajiannya pun juga banyak yang menjadi viral di media sosial. Kajian mengenai hari kemerdekaan Indonesia beberapa waktu yang lalu misalnya, begitu viral dan dishare oleh banyak orang. Namanya adalah Ustadz Abdul Somad, Lc. MA. Di tanah air, profil dan biodata Ustadz Abdul Somad, Lc. MA mungkin belum begitu populer.

Profil Dan Biodata Ustadz Abdul Somad

Profil Dan Biodata Ustadz Abdul Somad


Nama Ustadz Abdul Somad, Lc. MA mungkin belum setenar Ustadz Maulana, Ustadz Zacky Mirza atau ustadz lainnya yang begitu populer dan banyak mengisi tausiah di TV. Namun meski belum populer dan setenar pendahulunya, namun profil dan biodata Ustadz Abdul Somad mulai banyak dikenal di kalangan netizen. Ulasan yang cerdas dan lugas, ditambah lagi dengan keahlian dalam merangkai kata yang menjadi sebuah retorika dakwah, membuat ceramah Ustadz Abdul Somad begitu mudah dicerna dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat. Banyak dari ceramah Ustadz Abdul Somad yang mengulas berbagai macam persoalan agama.

Dan bahkan bukan itu saja, ceramah Ustadz Abdul Somad juga banyak yang membahas mengenai masalah-masalah kekinian, nasionalisme dan berbagai masalah yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat. Ada banyak macam bahasan di dalam Islam, termasuk juga berbagai macam kumpulan doa seperti doa sebelum tidur dan doa bangun tidur.

Demikian halnya selain di dunia nyata, ternyata di dunia maya pun nama Ustadz Abdul Somad ini juga mulai banyak dicari banyak orang. Banyak yang mencari informasi siapa sebenarnya profil dan biodata Ustadz Abdul Somad ini. Selain begitu banyak orang yang penasaran dengan nama Ustadz Abdul Somad, tak sedikit pula yang mencari berbagai kajian dan ceramah Ustadz Abdul Somad. Nah, maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan berusaha menyajikan info mengenai profil dan biodata Ustadz Abdul Somad secara lengkap. Semoga saja info terkait biodata Ustadz Abdul Somad ini bisa menambah pengetahuan Anda mengenai beliau. Untuk lebih jelasnya mengenai profil dan biodata Ustadz Abdul Somad, bisa Anda perhatikan di bawah ini.

Profil Dan Biodata Ustadz Abdul Somad


Biodata Ustadz Abdul Somad
  • Nama Lengkap : H. Abdul Somad, Lc., MA.
  • Kelahiran : Rabu petang tanggal 30 Jamada al-Ula 1314 Hijrah
  • Bertepatan dengan 18 Mei 1977 M. 

Pendidikan Ustadz Abdul Somad 
  • SD al-Washliyah, tamat 1990
  • Mts Mu'allimin al-Washliyah Medan, tamat 1993
  • Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu, tamat 1996
  • S1 Al-Azhar, Mesir.
  • S2 Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko

Pengabdian Ustadz Abdul Somad 

- Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
- Dosen Tafsir dan Hadits di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau.
- Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru.
- Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian Periode : 2009 – 2014.
- Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan, Periode : 2009 – 2014.
- Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau, Periode : 2009 – 2014.

Karya Ilmiah Ustadz Abdul Somad

a. Thesis
رجال الموطأ والصحيحين الذين ضعفهم النسائي في كتاب الضعفاء والمتروكين: جمعا ودراسة

b. Terjemah (Arab – Indonesia)

- Perbuatan Maksiat Penyebab Kerusakan Rumah Tangga (Judul Asli: Al-Ma’ashi Tu’addi ila Al-Faqri wa Kharab Al-Buyut), Penulis: Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, Maret 2008.
- 55 Nasihat Perkawinan Untuk Perempuan, (Judul Asli : 55 Nashihat li al-banat qabla az-zawaj), Penulis: DR. Akram Thal’at, Dar at-Ta’if, Cairo. Diterbitkan oleh Penerbit Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, April-2004.
- 101 Kisah Orang-Orang Yang Dikabulkan Doanya (Judul Asli: 101 Qishash wa Qishah li Alladzina Istajaba Allah Lahum Ad-Du’a’, Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Azzam – Jakarta, Desember 2004.
- 30 Orang Dijamin Masuk Surga (Judul Asli: 30 al-mubasysyarun bi al-jannah), DR.Mustafa Murad, Dar al-Fajr li at-Turats,Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Juli-2004.
- 15 Sebab Dicabutnya Berkah (Judul Asli: 15 sabab min asbab naz’ al-barakah), Penulis: Abu Al-Hamd Abdul Fadhil, Dar ar-Raudhah-Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Agustus-2004.
- Indahnya Seks Setelah Menikah (Judul Asli : Syahr al-‘asal bi la khajal), DR. Aiman Al-Husaini, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif, Jakarta, September 2004.
- Beberapa Kekeliruan Memahami Pernikahan (Judul Asli: Akhta’ fi mafhum az-zawaj, Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif- Jakarta, September 2004.
- Sejarah Agama Yahudi (Judul Asli: Tarikh ad-Diyanah al-Yahudiyyah), diterbitkan oleh Pustaka al-Kautsar, Jakarta, Desember 2009.
Nah teman-teman dan saudaraku semua, itulah profil lengkap Ustadz Abdul Somad yang sedang menjadi trending saat ini. Semoga saja beliau tetap dikaruniai kesehatan dan umur panjang agar bisa menjadi pembimbing bagi kita semua. Dan terkait profil dan biodata Ustadz Abdul Somad di atas, jika dirasa ada kekeliruan atau data yang kurang, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Jika Anda memiliki informasi akurat terkait kekurangan data pada profil dan biodata Ustadz Abdul Somad, mohon bisa disampaikan kepada kami melalui kolom komentar. Oh iya, beliau juga ustadz yang mendukung tegaknya khilafah di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari beberapa ceramah Ustadz Abdul Somad yang mendukung Khilafah. Selain itu, beliau kabarnya juga termasuk pendukung NU Garis Lurus yang dipelopori oleh Ustadz Idrus Ramli.

Sekian dulu dari kami, doakan agar kami selalu bisa mengupdate berbagai profil dan biodata Ustadz, Ulama atau Kyai untuk Anda semua. Atas masukan dan koreksinya kami ucapkan banyak terimakasih.

18 komentar untuk "Profil Dan Biodata Ustadz Abdul Somad, Lc. MA Lengkap"

  1. kalo aktif di HTI mohon maaf saya tidak yakin,
    untuk orang berhati lembut seperti beliau,

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan menilai dan memperkirakan orang dengan perkiraan dan perasaan serta komentar cang tiak akurat, mendingan wawancara langsung dengan yang bersangkutan, baru komentar, berat loh mempertanggungjawabkan komentar yang tidak benar, di akherat nantii

      Hapus
  2. Subhanallah, biodata lengkap para ustadz di tanah air, trims

    BalasHapus
  3. Ada yg salah dg HTI kang?
    Kok sepertinya anda mengelompokkan ada yg hatinya lembut dan tidak layak masuk HTI???

    BalasHapus
  4. Masukkan komentar Anda...minta tolong kirim no kontak yg bisa tersambung lansung dgn ustd abd somad

    BalasHapus
  5. minta tolong kirim no kontak yg bisa tersambung lansung dgn ustd abd somad

    BalasHapus
  6. bukan aktif di HTI. tp pengaruh tidak menolak pengaruh ihwanul Muslimin.

    Ihwanul Muslimin bisa merekrut ihwan dan akhwat siapa saja. urusannya idelogi politik yg harus terikat dlm hukum syariat fiqh.

    menyampaikan aspirasi politiknya lewat perlementer kalau indonesia PKS. . sedangkan HTI non perlementer.

    tidak membidahkan amaliah NU. tp bila pemikirannya tidak sejalan terutama tokoh pembesar NU. maka akan dikiritisi..

    maka pengikut mereka (bukan ustadnya). yg tidak sepemikiran mudah menuduh syiah, liberal dll. bagi NU. pemikiran kayak gitu sangat menkhawatirkan. krn bisa mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap NU. sehingga masyarajat akan mudah keluar dari NU. akhirnya. bisa saja ikut ormas yg anti maulud.

    BalasHapus
  7. bukan aktif di HTI. tp pengaruh tidak menolak pengaruh ihwanul Muslimin.

    Ihwanul Muslimin bisa merekrut ihwan dan akhwat siapa saja. urusannya idelogi politik yg harus terikat dlm hukum syariat fiqh.

    menyampaikan aspirasi politiknya lewat perlementer kalau indonesia PKS. . sedangkan HTI non perlementer.

    tidak membidahkan amaliah NU. tp bila pemikirannya tidak sejalan terutama tokoh pembesar NU. maka akan dikiritisi..

    maka pengikut mereka (bukan ustadnya). yg tidak sepemikiran mudah menuduh syiah, liberal dll. bagi NU. pemikiran kayak gitu sangat menkhawatirkan. krn bisa mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap NU. sehingga masyarajat akan mudah keluar dari NU. akhirnya. bisa saja ikut ormas yg anti maulud.

    BalasHapus
  8. Tolong mint nomor kontak Ustad Abdul Somad , saya mau mengundang ustad ke langkat
    Kontak saya 081362646253

    BalasHapus
  9. Masya Alloh emang dunia begitu jangan heran ingat dunia itu berputar sadaraku

    BalasHapus
  10. Pak ustad udah nikah belum sih sebenarnya

    BalasHapus
  11. Ustad abdul somad, semoga sehat selalu. Tetap lantang bersuara. Penuh sayang dan doa untuk ustad dan kel

    BalasHapus
  12. saya sangat menyukai ceramah ustad abdul somad,dan itu selalu sesuai dengan pemikiran dan pemahaman saya...subhanallah...

    BalasHapus

Posting Komentar