Sabtu, 22 Oktober 2016

Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli

Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli - Bagi Anda yang mengikuti jamiyah NU mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang sebuah istilah namanya ASWAJA ( Ahlussunnah wal Jama’ah ), ASWAJA bisa dibilang merupakan salah satu pokok pikiran utama warga NU, demgan pemahaman yang mengedepankan bahwa akan mengikuti semua sunnah dari dan ajaran yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW. Selain itu ASWAJA adalah sejumlah golongan yang mengikuti dan juga mempunyai keyakinan dan i’tikad dengan golongan maturidiyah dan juga as’ariyah. Seperti halnya dengan profil dan biodata Habib Syech, Idrus Ramli juga merupakan pembela panji-panji Aswaja dan amaliahnya, seperti sholawatan dan lainnya.

Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli
Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli

Ada salah seorang Ustad yang sangat paham betul dan juga bisa dibilang sangat-sangat menguasai dalam pemahaman terkait dengan ASWAJA. Diantara beberapa tokoh dan kyai NU ada seseorang yang sangat terkenal dan juga mempunyai kemampuan yang sangat berlebih dalam hal pemahaman tentang ASWAJA, namanya adalah Ustadz Muhammad Idrus Ramli beliau sangat terkenal di seluruh Indonesia, bahkan pemahaman beliau sampai tentang ASWAJA sampai terkenal di luar negeri, satu hal yang sangat menarik dari Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli karena pemahaman ASWAJA nya sangat mendalam beliau bahkan sampai ke luar negeri berkali gara-gara hal itu. 

Ada juga fakta unik lainnya dengan Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli ini, tokoh-tokoh WAHABI, HTI dan Syi’ah dan juga aliran sesat lainnya pasti tidak akan pernah mau duduk dalam satu bangku dengan beliau karena mereka akan kalah telak dengan beliau. Karena dalil-dalil yang beliau utarakan akan membuat mereka glagepan untuk menjawabnya. 

Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli

Muhammad Idrus Ramli beliau lahir di Jerreng Barat, Gugut, Rambipuji, Jember, 1 Juli 1975. Sewaktu masa kecil, Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli belajar Al-Quran, Tajwid dan beberapa Gramatika bahasa Arab dasar kepada Kyai Nasyith di pondok pesantren Nashirul Ulum. Selain belajar di Ponpes Nashirul Ulum beliau juga belajar di SDN Gugut 1 tahun pasuruan sampai tahun 1986. Kemudian beliau melanjutkan Madrasah Tsanawiyah dan juga Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Sidogiri sampai pada tahun 1997.  Kemudian di tahun yang sama beliau sudah bertugas mengajar di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daa’rut Tauhid Injelan Panggung Sampang Madura. 

Selain mengajar di Pondok Daa’rut Tauhid, pada tahun 2003 Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli sudah pernah pergi ke Inggris untuk jalan-jalan dalam rangka studi Komparatif mengenai pemahaman ASWAJA dengan masyarakat muslim yang ada di Inggris, dan juga beberapa negara Eropa lainnya. 

Baca juga : Profil Dan Biodata KH. Marzuki Mustamar

Aktivitas Ustadz Muhammad Idrus Ramli

Salah satu hal yang menjadi kegemaran dan juga menjadi kesibukan beliau selama di Pondok Pesantren adalah aktif dalam Bahtsul Masail. Bahtsul Masa’il adalah sebuah acara yang sengaja diselenggarakan oleh beberapa pondok pesantren dalam rangka membahas masalah-masalah terkini yang ada di masyarakat yang belum ada dalil dan nash nya selama ini. Bahtsul masail sendiri biasanya dilaksanakan di sebuah pondok pesantren dengan melibatkan beberapa pondok pesantren untuk saling beradu argumen guna memecahkan masalah yang tersebut. Sejak tahun 1996- 2003 Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli sudah aktif mengikuti Bahtsul Masail PCNU Kabupaten Pasuruan. 

Selain bahtsul masail pada rentang waktu tersebut Ustadz Muhammad Idrus Ramli juga aktif di RMI. Sekedar info saja RMI kepanjangan dari Rabithah Ma’ahid Islamiyah yang merupakan salah satu lembaga yang dimiliki oleh Nahdhatul Ulama dalam menaungi pengembangan Pondok Pesantren dan pendidikan keagamaan. Fungsi utama RMI adalah sebagai Katalisator, dinamisator dan juga fasilitator bagi pondok pesantren menuju tradisi mandiri dalam orientasi menggali solusi-solusi kreatif untuk bangsa Indonesia.

Selain itu ia juga aktif mengajar Pondok Pesantren Sidogiri pada tahun 2004, dia juga diangkat menjadi sekretaris Lembaga Bahtsul Masail NU Jember tahun 2004-2009. Selain itu ia juga mengajar di Pondok Pesantrena Nurul Musthofa Lima Amuntai Hulu, Kalimantan Selatan. Selain itu dia diangkat menjadi anggota Lajnah Ta’alif wa an-Nasyr Jawa Timur. 

Selain mengajar di pesantren 1998 Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli juga aktif dalam berbagai pelatihan  kaderisasi yang dilakukan oleh Nahdhatul Ulama. Karena beliau sangat fokus pada ASWAJA maka berbagai acara NU yang berkaitan dengan ASWAJA selalu dia yang menjadi pionirnya. Acara seminar, halaqoh, dan juga berbagai macam pelatihan ASWAJA selalu dia lakukan. Dia juga aktif berbagai di diskusi dua bulanan Institut Pemikiran dan Peradaban Islam ( INPAS ) Surabaya. 

Baca juga : Profil Dan Biodata KH. Anwar Zahid

Tak hanya tentang dunia belajar mengajar saja yang Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli tekuni. Ia juga aktif dalam tulis menulis diantaranya menjadi staf redaksi Majalah Ijtihad ( 1995-1996 ) tak hanya itu saja beliau juga aktif di Majalah Ijtihad 1997, pemimpin Umum Buletin Istinbath dari tahun 1998-2001, dan juga pemimpin Redaksi jurnal Tamasya tahun 2003 di Ponpes Sidogiri. 

Selain dunia mengajar, Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli telah menulis beberapa buku seputar ASWAJA dan seputar amaliah Nahdhatul Ulama, karyanya yang laris manis antara lain “ Pintar Berdebat Dengan WAHABI’ , “Jurus Ampuh membungkam HTI”  dan juga masih banyak karya beliau yang sudah tidak bisa diragukan lagi keilmuannya dalam membantah WAHABI maupun Syiah. 

Di lain sisi, ia juga aktif dalam FKM ( Forum Kyai Muda ) bentukan Nahdhatul Ulama yang bertugas untuk mengoreksi dan juga membenarkan apakah seorang tokoh masih yang ada dalam barisan Nahdahatul Ulama masih bisa di bilang NU ataupun bukan, diantara tokoh yang pernah disidang adalah Kiai Agil Siradj yang merupakan Ketua PBNU sendiri yang waktu itu banyak menulis buku tentang syiah.  Dari hasil sidang yang dilaksanakan di Sidoarjo tersebut dinyatakan bahwa Kiai Agil Siradj masih orang Nahdhatul Ulama, hanya saja beliau harus mengoreksi beberapa tulisan beliau dalam beberapa buku yang pernah beliau tulis sebelumnya tentang syi’ah. 

Salah satu hal yang paling fenomenal dari Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli adalah kemampuan beliau dalam berdebat masalah Ke NU dengan pihak Syi’ah maupun Wahabi. Pernah suatu kali ada tantangan debat dari pihak syi’ah kepada NU dalam hal masalah Amaliah yang dilaksanakan di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Di situ Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli di tantang oleh Said Aqil Al Attos dan juga Husein Shihab, perdebatan diantara kedua kubu di jaga ketat oleh sekitar 300 personel keamanan. Karena terbatasnya waktu maka perdebatan diantara dua kubu hanya berakhir dari masing-masing pihak yang tetap getol mempertahankan argumennya masing-masing. Dari pihak Syi’ah sendiri sebenarnya sudah kelihatan kewalahan dengan berbagai macam argumen yang dilontarkan oleh Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Profil Dan Biodata Ustadz Muhammad Idrus Ramli

5 komentar:

  1. mempunyai kemampuan yang "SANGAT BERLEBIH" dalam hal pemahaman tentang ASWAJA

    sekali lagi "SANGAT BERLEBIH"
    CAMKAN ITU!!!

    BalasHapus
  2. Ustadz idaman & menyejukkan, bawaannya kalau dengar tausiyah Ustadz Idrus Ramli itu pengen terus ibadan serta belajar agama lebih dalam, karena beliau juga sangat cerdas + memiliki daya ingat yg sangat tinggi, sangat cerdas, ilmu agamanya matang, pintar dalam ilmu pengetahuan juga! Semoga beliau selalu diberkahi dan dirahmati Allah. Amin.

    BalasHapus
  3. https://drive.google.com/file/d/0B6ut4qmVOTGWMkJvbFpZejBQZWM/view?usp=drivesdkWeb: almawaddah.info

    Salam


    Kepada:

     

    Redaksi, rektor dan para akademik


    Per: Beberapa Hadis Sahih Bukhari dan Muslim yang Disembunyikan


    Bagi tujuan kajian dan renungan. Diambil dari web: almawaddah. info

    Selamat hari raya, maaf zahir dan batin. 


    Daripada Pencinta Islam rahmatan lil Alamin wa afwan

    BalasHapus
  4. semoga semakin banyak ulama' muda yang mumpuni untuk menyampaikan argumen berdasarkan dalil sehingga ummat menjadi bertambah mantap wawasannya terhadap amaliah yang dilakukannya aamiin ya robbal alamiin

    BalasHapus